Get this widget

Announcement

How to LIKE + SHARE the article?
1. Click "Like"
2. Wait........
3. Click "Share"
==========================================
How to SEND the article to your friends or your own facebook?
1. Click "Send"
2. Wait........
3. fill the form.
3. Click "Share"

Daftar Isi

DAFTAR ISI»
    Widget edited by super-bee

Download and Read Comic Online

    Widget installed by el-vonix
    Widget installed by el-vonix
    Widget installed by el-vonix
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : el-vonix

Thursday, May 5, 2011

Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Bidang Hukum

Pembangunan nasional kita adalah pembangunan di segala bidang. Disini saya akan menjelaskan mengenai bidang hukum.
Usaha meningkatkan pembangunan hukum untuk menegakkan kerangka landasan hukum perlu direalisasikan / diwujudkan. Karena kerangka landasan yg kuat dan mantap diharapkan perangkat hukum nasional kita akan mampu memegang peranan utama dalam seluruh kehidupan bangsa dan negara.
Landasan dan arah pembangunan dibidang hukum menyatakan bahwa :
1.  Pembangunan dan pembinaan hukum Indonesia didasarkan atas        Pancasila & UUD 1945.
2.        Tujuan dari pembangunan & pembinaan hukum yaitu:
a. Memantapkan hasil-hasil pebangunan yang telah dicapai oleh indonesia selama ini.
c.  Menciptakan kondisi yang lebih mantap sehingga segenap masyarakat dapat menikmati ketertiban, kepastian hukum dan keadilan.
d. Memberi dukungan & pengamanan kepada upaya pembangunan untuk mencapai kemakmuran.
Menurut Padmo Wahyono, pembangunan hukum adalah usaha membentuk suatu sistem dari berbagai sistem yang ada.
Menurut Satjipto Raharjo, pembangunan hukum berbeda dengan pembaharuan hukum dan pembinaan hukum. Pembangunan hukum adalah suatu proses yang dinamis, terus bergerak dan berubah bahkan merupakan suatu proses yang tidak akan selesai, tidak hanya tertuju pada aturan dan substansi hukum, struktur atau kelembagaan hukum tapi juga budaya hukum. Pembaharuan hukum adalah menyusun suatu tata hukum untuk mnyesuaikan dengan perubahan masyarakat. Sedangkan pembinaan hukum adalah meningkatkan efisiensi hukum.
Seharusnya dalam melaksanakan pembangunan hukum dipilih SDM yang memiliki kematangan kejiwaan, budaya, etika dan hati nurani yang cukup tinggi dalam mengemban dan menegakkan hukum agar tidak terjadi pelanggaran hukum dalam pemerintahan ataupun dalam masyarakat.
Salah satu contoh pelanggaran hukum dalam pemerintahan yaitu masalah korupsi, oknum-oknum tertentu sebagai penegak hukum malah ikut melindungi para koruptor.
Penyelesaian permasalahan dibidang hukum terdapat dalam pancasila. Karena Pancasia merupakan dasar dan sumber yang mengalirkan nilai tentang bagaimana masyarakat indonesia diorganisasikan. Pancasila juga merupakan wawasan kemanusiaan dan kemasyarakatan mengenai keharusan dalam mengatur kehidupan bemasyarakat.
Dengan demikian arah pembangunan hukum nasional yang diperlukan adalah pembangunan hukum nasional yang dijiwai oleh nilai ketuhanan, persatuan, kemanusiaan, permusyawaratan dan keadilan. Karena dengan penerapan hukum sesuai pancasila, akan dapat menyaring budaya hukum yang tidak sesuai dengan tatanan masyarakat indonesia.






Hukum bukanlah lembaga yang memiliki otonomi penuh untuk menata masyarakat, karena apa yg dilakukan oleh hukum tergantung dengan kekuatan lain dalam masyarakat.
Menurut Kirdi Dipoyodo pembangunan dibidang hukum antara lain:
1. Pembinaan hukum dalam rangka pembaharuan hukum.
2. Penegakan hukum dan pembinaan peradilan.
3. Pembinaan kemasyarakatan.
4. Pelayanan jasa hukum.
5. Bantuan hukum dan penyuluhan hukum.
6. Pendidikan dan latihan tenaga hukum.

Newer Post Older Post Home

0 comment:

Post a Comment

Apabila blog ini bermanfaat untuk anda, ingin menanyankan sesuatu tentang artikel di blog ini, atau ingin complain, silahkan menulis di form komentar di bawah ini,, terima kasih,, :)

Suka?
1. Klik tombol LIKE diatas,
2. Comment......


TEMAN-TEMAN SEKALIAN BISA TUKERAN LINK DI ATAS SITU ATAU DI SINI UNTUK TUKAR LINK TEXT DAN DI SINI UNTUK TUKAR LINK BANNER
bagi yang telah memasang link pada blog ini, diharapkan mau untuk memasang link pada blog anda, agar adil, tapi apabila link blog saya belum dan tidak terpasang pada blog anda, saya juga akan mencabut link anda, saya rasa itu adil,, terimakasih,,:)